SELAMAT DATANG DI BLOG BERBAGI PENGETAHUAN BERSAMA SAYA ANESIADAMA

Selasa, 23 Februari 2016

Arsitektur Komputer

                               
1.        Decay adalah Kerusakan Data akibat Data yang disimpan telah hilang karena Data tersebut jarang digunakan.

2.        Volatile memory (volatile storage) : Memori Volatile, juga dikenal sebagai volatile storage, adalah memori komputer yang membutuhkan daya listrik untuk menjaga informasi yang tersimpan di dalamnya, dengan kata lain perlu daya listrik agar informasi tetap tersimpan. Memori volatile mempertahankan informasi/data selama catu daya aktif, tetapi ketika catu daya di-matikan atau terputus, informasi/data yang tersimpan akan hilang, contohnya : DRAM dan SRAM (lebih dikenal dengan nama RAM).
Non-volatile memory, (non-volatile storage - NVM) : Memori Non-volatile, non-volatile memori, NVM atau non-volatile storage adalah memori komputer yang tetap dapat menyimpan/menjaga informasi/data yang ada di dalamnya meski tidak tersedia daya listrik. Contoh memori non-volatile adalah Read Only Memori (ROM), flash memory, RAM feroelektrik (F-RAM), sebagian besar jenis magnetic-storage dalam komputer (mis. hard disk, disket, dan pita magnetik), flashdisk, optical disk, dll.
3.        EPROM ( Erasable Programmeble Read Only Memory) adalah sebuah chip yang bisa di program dan mampu menyimpan data. Chip yang isinya data (program-program) yang di isikan oleh user ke EPROM tersebut. Satu-satunya cara untuk menghapus data pada EPROM adalah dengan menggunkan sinar ultraviolet.
Dibawwah ini adalah eberapa type dan ukuran darui EPROM :
NM27C020 2,097,152 – Bit (256K x 16) UV Erasable CMOS EPROM
Chip EPROM ii mempunyai kapasitas sebesar 2MB. Menggunakan AMG arsitektur, chip EPROM ini menghantarkan proses dengan kecepatan tinggi dengan mengkonsumsi tegangan rendah.
Chip EPROM ini menyediakan sistem dasar mikroprosesor yang luas kapasitasnya unutk partisi yang besar oada operasi sistem dan aplikasi software. Chip ini memberikan/mempunyai waktu akses sebesar 100 ns (no-wait-state operasi) dengan CPU yang mempunyai kemampuan tinggi.
Chip NM27C020 menawarkan single chip solusi untuk tempat penyimpanan kode yang dibutuhkan dengan 100% firmware-base equipment.
Ciri-ciri :
-          CMOS berkemampuan tinggi : 90 ns waktu akses
-          Kesesuaian mikroprosesor untuk cepat mati (Vpp & PGM adlaah “Dont care” selama pembacaan pada operasi noral).
-          Setara/sesuaid engan EPROM 27210 & 27C210
-          Dibuat dengan identifikasi kode
-          Pengkodean yang cepat
-          JEDEC standar konfigurasi pin :
-          40 – pin CDIP paket
-          40 – pin PDIP paket
-          40 – pin PLCC paket
NM27C040 4,194,364 –Bit (512 x 8) High Perpormance CMOS EPROM
Chip EPROM ini mempunyai kemampuan yang tinggi, terorganisir atas 512 K dari 8 bit bagian. Chip ini kompabilitas dengan byte-wide- JEDEC EPROM memungkinkan untuk di “upgrade” sampai 8 Mbit. Ciri-ciri/keistimewaan “Don’t care” pada Vpp selama pembacaaan operasi mengijinkan perluasan/penambahan memori dan 1 M sampai 8 Mbit tanpa papan sirkuit di ganti.
Chip NM27C040 ini menyediakan isstem dasar mikroporsesor yang luas kpasitasnya untuk partisi yang besar pada operasi sistem dan aplikasi softwar. Chip ini memberikan/mempunyai waktu akses sebesar 120 ns dengan CPU yang mempunyai kemmapuan tinggi. Chip NM 27CO40 menawarkan single chip solusi untuk tempat penyimpanan kode yng dibutuhkan dengan 100% firmaware – base equipment. Penggunaan software secara rutin pengaksesannya sangat cepat dari penyimpanan EPROM, kehebatanya meningkatkan sistem utility.
Ciri-ciri :
-          CMOS berkemampuan tinggi ; 120 ns, 150 ns waktu akses.
-          Kemudahan upgrade path; Vpp adalah “Don’t care” selama pembacaan operasi normal.
-          Dibuat dengan identifikasi kode
-          Konfigurasi pin JEDEC standard :
·         32 –pin PDIP
·         32 –pin PLCC
·         32 – pin CERDIP
NM27C128 131,072 – Bit (16 K x8 Hight Perpormance CMOS EPROM
Chip ini mempunyai kemampuan yng tinggi 128 K UV EPROM. CMOS terbaru dengan pembagian teknologi pembagian gerbang EPROM yang mana mengijinkan pembagian gerbagn EPROM untuK dioperasikan secepat mungkin, secepat 90 ns waktu akses untuk jarak pengoperasian penuh.
Chip NM27C128 ini menyediakan sistem dasar mikroprosesor yang luas kapasitasnya untuk partisipasi yang besar pada operasi sistem dan apliaksi software. Chip ini memberikan/mempunyai  waktu akses sebesar 90 ns dengan CPU yang mempunyai kemampuan tinggi.
Chip NM27C128 menawarkan single chip solusi untuk tempat penyimpanan kode yang dibutuhan dengan 100% firmaware – base equipment. Penggunaan sofware secara rutin pengaksesannya sangat cepat dari penyimpanan EPROM, kehebatannya meningkatkan sistem utility.
Chip NM27C128 dibuat  dengan standar pinout EPROM menyediakan penguprade dan path yang mudah untuk sistem yang mana menggunakan arus standar EPROM.
Chip NM128 merupakan salah satu bagian dari EPROM Family dengan kepadatan yang tinggi yang mana jarak dalam kepadatannya sampai 4 Mb.
Ciri-ciri:
- CMS berkemampuan tinggi: 90 ns waktu akses.
- Kesesuaian Mikropropsesor untuk cepat mati
- Konfigurasi pin JEDEC standart:
-pin PDIP paket
-pin chip carrier
-pin CERDIP paket
- Penggantian clock untuk 27C128 atau 27128
- Waktu pemrograman 40% lebih cepat dengan turbo alogrithm Fairchild/
NM27C210 1,048,576 –Bit (64 K x 16) High Perpormance CMOS eprom.
Chip ini mempunyai kemampuan yang tinggi. Chip ini memuat 1,048,576 bit terortanisir 64K x 16 bit. Chip ini menawarkan keuda versi erasable untuk mpembentukand asar dan pembuatan awal aplikasi selama non erasable, dipaket dalam versi plastik yang ideal untuk volume tinggi dan aplikasi assembly otomatis.
Chip NMC 128 dioperasikand ari 5 Volt +100% supply dari mode baca. Chip NMC128 ditawarkand alam dua paket DIP dan surface mount. Paket DIP adalah 40 pin dual in-line keramik dengan window kwarsa untuk mengijinkan penghapusan. Paket surpace mount adalah 44-pin PLCC yang ditawarkan dalam OTP.
Ciri-ciri :
-          CMOS berkemampuan tinggi; 90 ns waktu akses.
-          Kesesuaian Mikroporsesor untuk cepat mati
-          Kemuadahan upgrade path: Vpp adalah “Don’t care” selama pembacaan operasi normal.
-          Setara/sesuaid engan PROM 127210 & 127C210
-          Dibuat dengan identifikasi kode
-          Kecepatan pemrograman
-          Konfigurasi pin JEDEC standard;
-          40 – pin CDIP paket
-          40 –pin PDIP paket
-          44 – pin PLCC paket
Semakin besar ukuran EPROM harganya juga semakin mahal tergantung kapasitas pada EPROM tersebut.

4.        Power Consumption adalah bahwa memory internal mengonsumsi daya listrik, tanpa listrik memory tidak akan bisa hidup atau menyala. (Power Consumption Untuk mengetahui konsumsi daya yang dibutuhkan sebuah processor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar